Postingan kali ini membahas sebuah game bernama Pong. Game Pong merupakan salah satu permainan tenis meja yang ditampilkan dalam bentuk grafik dua dimensi. Gameplaynya cukup sederhana, di mana terdapat dua paddle dan satu bola yang tujuannya untuk mengalahkan lawan. Seorang pemain mendapat satu poin saat mencetak gol.
Kali ini, game pong ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan BlueJ IDE. Game Pong ini terdiri dari kelas-kelas berikut:
- Ball.java
- Paddle.java
- Pong.java
- Renderer.java
Berikut ini adalah gambar diagram kelas dari Pong Game.
The Ball Class
Kelas Ball adalah kelas untuk mengatur bola dalam permainan Pong ini. Di kelas ini, ukuran bola, kecepatan bola, warna bola, dan sebagainya bisa disesuaikan.
Implementation of The Ball Class
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.util.Random;
/**
* Kelas Ball adalah kelas untuk mengatur bola dalam permainan Pong ini. Di
* kelas ini, ukuran bola, kecepatan bola, warna bola, dan sebagainya bisa
* disesuaikan.
*
* @author Ramadhan Arif Hardijansyah
* @version 0.1 January 6, 2021
*/
public class Ball
{
// instance variables
public int x, y, width = 75, height = 75;
// prev 25
public int motionX, motionY;
public Random random;
private Pong pong;
public int amountOfHits;
/**
* Constructor for objects of class Ball
*/
public Ball(Pong pong)
{
this.pong = pong;
this.random = new Random();
spawn();
}
public void update(Paddle paddle1, Paddle paddle2)
{
int speed = 1;
// prev 5
this.x += motionX * speed;
this.y += motionY * speed;
if (this.y + height - motionY > pong.height || this.y + motionY < 0)
{
if (this.motionY < 0)
{
this.y = 0;
this.motionY = random.nextInt(4);
if (motionY == 0)
{
motionY = 1;
}
}
else
{
this.motionY = -random.nextInt(4);
this.y = pong.height - height;
if (motionY == 0)
{
motionY = -1;
}
}
}
if (checkCollision(paddle1) == 1)
{
this.motionX = 1 + (amountOfHits / 5);
this.motionY = -2 + random.nextInt(4);
if (motionY == 0)
{
motionY = 1;
}
amountOfHits++;
}
else if (checkCollision(paddle2) == 1)
{
this.motionX = -1 - (amountOfHits / 5);
this.motionY = -2 + random.nextInt(4);
if (motionY == 0)
{
motionY = 1;
}
amountOfHits++;
}
if (checkCollision(paddle1) == 2)
{
paddle2.score++;
spawn();
}
else if (checkCollision(paddle2) == 2)
{
paddle1.score++;
spawn();
}
}
public void spawn()
{
this.amountOfHits = 0;
this.x = pong.width / 2 - this.width / 2;
this.y = pong.height / 2 - this.height / 2;
this.motionY = -2 + random.nextInt(4);
if (motionY == 0)
{
motionY = 1;
}
if (random.nextBoolean())
{
motionX = 1;
}
else
{
motionX = -1;
}
}
public int checkCollision(Paddle paddle)
{
if (this.x < paddle.x + paddle.width && this.x + width > paddle.x && this.y < paddle.y + paddle.height && this.y + height > paddle.y)
{
return 1; //bounce
}
else if ((paddle.x > x && paddle.paddleNumber == 1) || (paddle.x < x - width && paddle.paddleNumber == 2))
{
return 2; //score
}
return 0; //nothing
}
public void render(Graphics g)
{
g.setColor(Color.WHITE);
// prev WHITE
g.fillOval(x, y, width, height);
}
}
The Paddle Class
Kelas Paddle adalah kelas untuk mengatur paddle dalam permainan Pong ini. Paddle adalah semacam raket yang digunakan oleh pemain untuk memukul bola. Di kelas ini, ukuran paddle, kecepatan paddle, warna paddle, dan sebagainya bisa disesuaikan.
Implementation of The Paddle Class
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
/**
* Kelas Paddle adalah kelas untuk mengatur paddle dalam permainan Pong ini.
* Paddle adalah semacam raket yang digunakan oleh pemain untuk memukul bola.
* Di kelas ini, ukuran paddle, kecepatan paddle, warna paddle, dan
* sebagainya bisa disesuaikan.
*
* @author Ramadhan Arif Hardijansyah
* @version 0.1 January 6, 2021
*/
public class Paddle
{
// instance variables - replace the example below with your own
public int paddleNumber;
public int x, y, width = 30, height = 150;
// prev 50, 250
public int score;
/**
* Constructor for objects of class Paddle
*/
public Paddle(Pong pong, int paddleNumber)
{
this.paddleNumber = paddleNumber;
if (paddleNumber == 1)
{
this.x = 0;
}
if (paddleNumber == 2)
{
this.x = pong.width - width;
}
this.y = pong.height / 2 - this.height / 2;
}
public void render(Graphics g)
{
g.setColor(Color.WHITE);
g.fillRect(x, y, width, height);
}
public void move(boolean up)
{
int speed = 20;
// prev 15
if (up)
{
if (y - speed > 0)
{
y -= speed;
}
else
{
y = 0;
}
}
else
{
if (y + height + speed < Pong.pong.height)
{
y += speed;
}
else
{
y = Pong.pong.height - height;
}
}
}
}
The Pong Class
Kelas Pong adalah kelas utama dari permainan Pong ini. Kelas ini membangun dan menampilkan GUI game dan menginisialisasi semua komponen lainnya. Di kelas ini ukuran jendela permainan, batas skor, serta font dan ukuran font dapat disesuaikan.
Implementation of The Pong Class
import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.RenderingHints;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.KeyEvent;
import java.awt.event.KeyListener;
import java.util.Random;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.Timer;
/**
* Kelas Pong adalah kelas utama dari permainan Pong ini. Kelas ini
* membangun dan menampilkan GUI game dan menginisialisasi semua komponen
* lainnya. Di kelas ini ukuran jendela permainan, batas skor, serta font
* dan ukuran font dapat disesuaikan.
*
* @author Ramadhan Arif Hardijansyah
* @version 0.1 January 6, 2021
*/
public class Pong implements ActionListener, KeyListener
{
// instance variables
public static Pong pong;
public int width = 1366, height = 711;
// prev 700 700
public Renderer renderer;
public Paddle player1;
public Paddle player2;
public Ball ball;
public boolean bot = false, selectingDifficulty;
public boolean w, s, up, down;
public int gameStatus = 0, scoreLimit = 7, playerWon; //0 = Menu, 1 = Paused, 2 = Playing, 3 = Over
public int botDifficulty, botMoves, botCooldown = 0;
public Random random;
public JFrame jframe;
/**
* Constructor for objects of class Pong
*/
public Pong()
{
Timer timer = new Timer(20, this);
random = new Random();
jframe = new JFrame("Pong");
renderer = new Renderer();
jframe.setSize(width + 15, height + 35);
jframe.setVisible(true);
jframe.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
jframe.add(renderer);
jframe.addKeyListener(this);
timer.start();
}
public void start()
{
gameStatus = 2;
player1 = new Paddle(this, 1);
player2 = new Paddle(this, 2);
ball = new Ball(this);
}
public void update()
{
if (player1.score >= scoreLimit)
{
playerWon = 1;
gameStatus = 3;
}
if (player2.score >= scoreLimit)
{
gameStatus = 3;
playerWon = 2;
}
if (w)
{
player1.move(true);
}
if (s)
{
player1.move(false);
}
if (!bot)
{
if (up)
{
player2.move(true);
}
if (down)
{
player2.move(false);
}
}
else
{
if (botCooldown > 0)
{
botCooldown--;
if (botCooldown == 0)
{
botMoves = 0;
}
}
if (botMoves < 10)
{
if (player2.y + player2.height / 2 < ball.y)
{
player2.move(false);
botMoves++;
}
if (player2.y + player2.height / 2 > ball.y)
{
player2.move(true);
botMoves++;
}
if (botDifficulty == 0)
{
botCooldown = 20;
}
if (botDifficulty == 1)
{
botCooldown = 15;
}
if (botDifficulty == 2)
{
botCooldown = 10;
}
}
}
ball.update(player1, player2);
}
public void render(Graphics2D g)
{
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillRect(0, 0, width, height);
g.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
if (gameStatus == 0)
{
g.setColor(Color.WHITE);
g.setFont(new Font("Arial", 1, 50));
g.drawString("PONG", width / 2 - 75, 50);
if (!selectingDifficulty)
{
g.setFont(new Font("Arial", 1, 30));
g.drawString("Press Space to Play", width / 2 - 150, height / 2 - 25);
g.drawString("Press Shift to Play with Bot", width / 2 - 200, height / 2 + 25);
g.drawString("<< Score Limit: " + scoreLimit + " >>", width / 2 - 150, height / 2 + 75);
}
}
if (selectingDifficulty)
{
String string = botDifficulty == 0 ? "Easy" : (botDifficulty == 1 ? "Medium" : "Hard");
g.setFont(new Font("Arial", 1, 30));
g.drawString("<< Bot Difficulty: " + string + " >>", width / 2 - 180, height / 2 - 25);
g.drawString("Press Space to Play", width / 2 - 150, height / 2 + 25);
}
if (gameStatus == 1)
{
g.setColor(Color.WHITE);
g.setFont(new Font("Arial", 1, 50));
g.drawString("PAUSED", width / 2 - 103, height / 2 - 25);
}
if (gameStatus == 1 || gameStatus == 2)
{
g.setColor(Color.WHITE);
g.setStroke(new BasicStroke(5f));
g.drawLine(width / 2, 0, width / 2, height);
g.setStroke(new BasicStroke(2f));
g.drawOval(width / 2 - 150, height / 2 - 150, 300, 300);
g.setFont(new Font("Arial", 1, 50));
g.drawString(String.valueOf(player1.score), width / 2 - 90, 50);
g.drawString(String.valueOf(player2.score), width / 2 + 65, 50);
player1.render(g);
player2.render(g);
ball.render(g);
}
if (gameStatus == 3)
{
g.setColor(Color.WHITE);
g.setFont(new Font("Arial", 1, 50));
g.drawString("PONG", width / 2 - 75, 50);
if (bot && playerWon == 2)
{
g.drawString("The Bot Wins!", width / 2 - 170, 200);
}
else
{
g.drawString("Player " + playerWon + " Wins!", width / 2 - 165, 200);
}
g.setFont(new Font("Arial", 1, 30));
g.drawString("Press Space to Play Again", width / 2 - 185, height / 2 - 25);
g.drawString("Press ESC for Menu", width / 2 - 140, height / 2 + 25);
}
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
if (gameStatus == 2)
{
update();
}
renderer.repaint();
}
public static void main(String[] args)
{
pong = new Pong();
}
@Override
public void keyPressed(KeyEvent e)
{
int id = e.getKeyCode();
if (id == KeyEvent.VK_W)
{
w = true;
}
else if (id == KeyEvent.VK_S)
{
s = true;
}
else if (id == KeyEvent.VK_UP)
{
up = true;
}
else if (id == KeyEvent.VK_DOWN)
{
down = true;
}
else if (id == KeyEvent.VK_RIGHT)
{
if (selectingDifficulty)
{
if (botDifficulty < 2)
{
botDifficulty++;
}
else
{
botDifficulty = 0;
}
}
else if (gameStatus == 0)
{
scoreLimit++;
}
}
else if (id == KeyEvent.VK_LEFT)
{
if (selectingDifficulty)
{
if (botDifficulty > 0)
{
botDifficulty--;
}
else
{
botDifficulty = 2;
}
}
else if (gameStatus == 0 && scoreLimit > 1)
{
scoreLimit--;
}
}
else if (id == KeyEvent.VK_ESCAPE && (gameStatus == 2 || gameStatus == 3))
{
gameStatus = 0;
}
else if (id == KeyEvent.VK_SHIFT && gameStatus == 0)
{
bot = true;
selectingDifficulty = true;
}
else if (id == KeyEvent.VK_SPACE)
{
if (gameStatus == 0 || gameStatus == 3)
{
if (!selectingDifficulty)
{
bot = false;
}
else
{
selectingDifficulty = false;
}
start();
}
else if (gameStatus == 1)
{
gameStatus = 2;
}
else if (gameStatus == 2)
{
gameStatus = 1;
}
}
}
@Override
public void keyReleased(KeyEvent e)
{
int id = e.getKeyCode();
if (id == KeyEvent.VK_W)
{
w = false;
}
else if (id == KeyEvent.VK_S)
{
s = false;
}
else if (id == KeyEvent.VK_UP)
{
up = false;
}
else if (id == KeyEvent.VK_DOWN)
{
down = false;
}
}
@Override
public void keyTyped(KeyEvent e)
{
}
}
The Renderer Class
Kelas Renderer adalah kelas untuk me-render permainan. Rendering atau sintesis gambar adalah proses menghasilkan fotorealistik dari model 2D atau 3D melalui program. Dalam permainan ini digunakan grafik 2D.
Implementation of The Renderer Class
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;
/**
* Kelas Renderer adalah kelas untuk me-render permainan. Rendering atau
* sintesis gambar adalah proses menghasilkan fotorealistik dari model 2D
* atau 3D melalui program. Dalam permainan ini digunakan grafik 2D.
*
* @author Ramadhan Arif Hardijansyah
* @version 0.1 January 6, 2021
*/
public class Renderer extends JPanel
{
private static final long serialVersionUID = 1L;
@Override
protected void paintComponent(Graphics g)
{
super.paintComponent(g);
Pong.pong.render((Graphics2D) g);
}
}
Berikut langkah-langkah untuk mencoba permainan Pong ini.
1. Klik kanan kelas Pong, dan panggil method main.
2. Sebuah jendela permainan pong muncul, disana ada tampilan menu utama dari permainan ini. Klik spasi untuk bermain dengan dua orang. Klik shift untuk bermain dengan bot. Klik tombol panah kanan dan kiri untuk mengubah batas skor.
3. Berikut ini adalah tampilan gameplay saat bermain dengan dua orang. Untuk menggerakkan paddle ke atas dan ke bawah, pemain pertama menggunakan tombol w dan s, sedangkan pemain kedua menggunakan tombol panah atas dan bawah.
4. Untuk kembali ke menu utama, tekan tombol Esc.
5. Untuk keluar dari permainan, cukup klik tombol silang di pojok kanan atas jendela.
Sekian post tentang Game Pong ini. Semoga bermanfaat.
Reference
Bustard, J. (n.d.). Jaryt/PongTutorial. Retrieved January 06, 2021, from https://github.com/Jaryt/PongTutorial
Comments
Post a Comment